ARAHNEWS.COM – Manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta memastikan kesiapan Pendopo Agung Royal Ambarrukmo sebagai tempat prosesi akad nikah Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan berlangsung pada 10 Desember 2022.

“Kalian sendiri sudah lihat (pendopo) sudah mulai cantik, sudah mulai bagus, yang pasti siaplah,” ujar General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Herman Courbois kepada awak media di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Sejumlah pekerja mengecat ulang sejumlah ornamen di beberapa sudut Pendopo Agung yang terletak di antara Hotel Royal Ambarrukmo dan Mal Plaza Ambarrukmo itu.

Sementara di sisi timur bangunan cagar budaya itu, beberapa pekerja mulai mendirikan tenda bernuansa serba putih.

Menurut Herman, program perbaikan atau renovasi berbagai sudut bangunan pendopo rutin dilakukan, bukan hanya untuk persiapan pernikahan Kaesang-Erina.

“Renovasi tertentu tidak ada. Dari dulu memang renovasi jalan terus. Selama saya dua tahun di Yogyakarta memang renovasi jalan terus,” kata pria asal Belanda tersebut.

Sementara itu, terkait kesiapan hidangan untuk para tamu undangan, menurut Herman, manajemen telah menawarkan tiga sampai empat pilihan menu tradisional hingga internasional kepada “wedding organizer” (WO) pernikahan Kaesang dan Erina.

Namun, kata dia, hingga saat ini belum ada kepastian menu yang bakal dipilih.

“Saya tahu kemarin mereka ‘meeting’, tadi juga ‘meeting’ di sini, kemarin malam ada ‘meeting’ di Solo, Jawa Tengah. Mudah-mudahan setelah ini saya mendapat ‘update’,” kata dia.

Meski belum mendapat kepastian pilihan menu, Herman yakin manajemen masih memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan hidangan yang nantinya dipesan.

“Hari ini baru Senin, kalau (akad nikah) jadi hari Sabtu masih ada waktu yang cukup. Namanya hotel pasti ada ya, kemarin saya bilang kepada teman-teman kalau hotelnya pasti saya punya persiapan, tapi kalau katering mungkin beda cerita karena mereka harus persiapkan sendiri.”

“Saya punya dapur, saya punya segala infrastruktur semua beres,” kata dia.Reservasi atau tingkat pemesanan kamar di Hotel Royal Ambarrukmo, diakui Herman mengalami kenaikan menjelang pernikahan Kaesang-Erina.

“Memang ada ‘booking-booking’-an. Akhir pekan kemarin kami ‘full’, ‘weekend’ minggu depan kami penuh, ada beberapa ‘booking’-an dari kementerian-kementerian tapi saya harus pilih-pilih yang mana (terkait) acara pernikahan,” kata Herman Courbois.

Wakil Kepala Polda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso menyebutkan sekitar 400 hingga 500 personel kepolisian disiapkan untuk mengamankan prosesi akad nikah Putra Presiden Jokowi di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember 2022

Menurut Slamet, sejumlah lokasi menjadi konsentrasi utama Polda DIY mulai dari kediaman mempelai wanita di Pedukuhan Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman hingga kawasan Royal Ambarrukmo sebagai lokasi akad nikah.

“Kan rangkaiannya ada dari mulai kediaman, ada Ambarrukmo, hotel, dan tamu-tamu lainnya, termasuk untuk kebutuhan masyarakat lainnya itu ada beberapa titik,” kata dia.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Arahnews.com, semoga bermanfaat.