Ketiga menteri kompak memantau sejumlah sudut Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat sore, sebagai lokasi akad yang akan berlangsung pada hari Sabtu 10 Desember 2022.

Saat kedatangan para menteri itu, para pekerja tampak sibuk menghias aneka bunga bernuansa putih di berbagai sisi pendopo.

“Di sinisih saya rasa (sudah) 90 persen,” kata Menteri Erick di sela melakukan pengecekan.

Menurut Erick, lokasi akad nikah merupakan tempat yang sakral sehingga ia merasa perlu membantu memastikan kesiapannya.

“Tentu keluarga dari mempelai perempuan yang memang mempersiapkan ini jadi kami supporting,” ujar dia.

Selain di Pendopo Royal Ambarrukmo, sebelumnya dia juga mengunjungi lokasi untuk acara ngunduh mantu yang akan berlangsung pada tanggal 11 Desember di Solo, Jawa Tengah.

Menurut dia, persiapan di Solo lebih kompleks karena selain keluarga, juga akan dihadiri para tamu negara dengan jumlah yang lebih besar.

“Pejabat yang hadir saya rasa lebih banyak di Solo,” kata dia.

Untuk prosesi akad nikah Kaesang dan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo diperkirakan hanya dihadiri 150 undangan yang didominasi pihak keluarga.

“Yang di sini, 150 undangan mayoritas keluarga yang ini lebih hangat karena ‘kan keluarga. Kalau tamu dari luar, kayaknya sedikit sekali di sini,” tutur Erick.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Sabtu 10 Desember 2022.

Dalam prosesi itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah, sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi.

Setelah akad nikah, menurut Erick, malam harinya kedua mempelai akan langsung berangkat ke Solo untuk persiapan acara ngunduh mantu pada hari Minggu 11 Desember 2022.

“Rencana seperti itu,” ujar Erick Thohir.***