ARAHNEWS.COM – Tomat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah tujuh manfaat tomat yang penting:

1. Sumber antioksidan

Tomat mengandung antioksidan seperti likopen, beta-karoten, dan vitamin C. Likopen, khususnya.

Senyawa yang memberi warna merah pada tomat dan telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan penyakit lainnya.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan likopen dan serat dalam tomat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca artikel menarik lainnya, di sini: Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kesehatan, Nomor 5 Membantu Penurunan Berat Badan

Tomat juga mengandung kalium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Menyehatkan kulit

Vitamin C dalam tomat berperan penting dalam produksi kolagen, yang membantu menjaga kekenyalan kulit. Likopen juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu mengurangi risiko keriput.

4. Menjaga kesehatan mata

Tomat kaya akan vitamin A dan likopen, yang penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A membantu menjaga penglihatan yang baik, sementara likopen melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Mendukung pencernaan yang sehat

Serat dalam tomat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, tomat mengandung likopen dan senyawa lain yang dapat melindungi saluran pencernaan dari beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar.

6. Menurunkan risiko kanker

Likopen dalam tomat telah dikaitkan dengan pengurangan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

Tomat juga mengandung senyawa lain seperti asam kafeat dan klorogenat, yang memiliki efek anti-kanker.

7. Menjaga berat badan yang sehat

Tomat rendah kalori dan tinggi serat, sehingga bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan atau pemeliharaan berat badan yang sehat.

Serat dalam tomat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat-manfaat ini terkait dengan konsumsi tomat secara umum dalam kerangka diet sehat dan seimbang.

Penting untuk mengkombinasikan tomat dengan makanan lain yang sehat dan gaya hidup yang aktif untuk memperoleh manfaat maksimal.***